sejarah bekasi

05Sep08

Berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 1950 terbentuklah Kabupaten Bekasi, dengan wilayah terdiri dari 4 kewedanaan, 13 kecamatan (termasuk Kec. Cibarusah) dan 95 desa. Angka-angka tersebut secara simbolis diungkapkan dalam lambang Kabupaten Bekasi dengan motto “SWATANTRA WIBAWA MUKTI”. Pada tahun 1960 kantor Kabupaten Bekasi berpindah dari Jatinegara ke Kota Bekasi (Jl. Ir. H Juanda). Kemudian pada tahun 1982, pada saat Bupati dijabat oleh Bapak H. Abdul Fatah gedung perkantoran Pemda Kabupaten Bekasi kembali dipindahkan ke Jl. A. Yani No.1 Bekasi.

Pesatnya perkembangan Kecamatan Bekasi menuntut dimekarkannya kecamatan Bekasi menjadi Kota Administratif Bekasi yang terdiri atas 4 kecamatan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 1981, yaitu kecamatan Bekasi Timur, Bekasi Selatan, Bekasi Barat, dan Bekasi Utara, yang seluruhnya meliputi 18 Kelurahan dan 8 desa. Peresmian Kota Administratif Bekasi dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 20 April 1982, dengan walikota pertama dijabat oleh Bapak H. Soedjono. Tahun 1988 Walikota Bekasi dijabat oleh Bapak Drs. Andi Sukardi hingga tahun 1991, kemudian digantikan oleh Bapak Drs. H Khailani AR hingga tahun 1997.

Pada perkembangannya Kota Administratif Bekasi terus bergerak dengan cepat. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi dan roda perekonomian yang semakin bergairah. Sehingga status kotif Bekasi pun kembali ditingkatkan menjadi Kotamadya (sekarang “Kota”) melalui Undang-undang Nomor 9 Tahun 1996.

Pejabat Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Bekasi saat itu adalah Drs. H. Khailani AR, selama satu tahun, selanjutnya berdasarkan hasil pemilihan terhitung mulai tanggal 23 Februari 1998 Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Bekasi definitif dijabat oleh Bapak Drs. H. Nonon Sonthanie.

dari
http://www.bps.go.id/~jabar/bekasi/kota_bekasi

Iklan


11 Responses to “sejarah bekasi”

  1. Hihihih pertamax…. asyiikkk:D

  2. Jadi inget lagu perjuangan di tapal batas bekasi
    Skarang walikotanya siapa?.. Oya kalo perumahan wisata legenda itu masuk Bekasi yaa? 🙂

  3. mas ngabsen
    kok saya gak di tulis sebagai anggota sih
    gak adil nih
    he he

  4. hidup bloger kita bekasi…tetap terbang s’lalu lewat udara….

  5. selamat malam bang
    senangnya blue dapat postingan yg penuh pengetahuan untuk kita semua
    salam hangat selalu
    gimana cabar?

  6. blue mau dong termasuk bloger bekasi heheh…beneran sahabat
    salam hangat selalu

  7. 7 guzaku

    aq ikut gabung yah… 🙂

  8. salam kunjungan pagi, senang rasanya berada di blog warungpojok, serasa jadi blogger sahabat..

  9. 9 valia

    Silakan diteruskan, semoga bermanfaat
    Perusahaan asuransi syariah pertama di Indonesia membuka peluang sebagai agen freelance untuk mengembangkan program pengelolaan dana pensiun buruh/karyawan, asuransi pendidikan anak, kesehatan, dan beragam layanan asuransi berbasis syariah. Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi link berikut: http://goo.gl/Y7LIci

  10. saya warga bekasi…sy jg suka nulis diblog tntng kota bekasi.rasanya senang bngt bs ktemu kawan-kawan blogger sewilayah

  11. saya suka ke warung bongkok gan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: